Customer gathering biasanya dilaksanakan perusahaan setiap setahun sekali untuk
apresiasi dan sekaligus meningkatkan hubungan dengan langganan perusahaan. Pada
umumnya acara yang dilakukan pada saat customer gathering adalah makan bersama,
kemudian dilanjutkan acara hiburan kepada pelanggan.
Ada beberapa tujuan dari customer gathering antara
lain :
- Apresiasi kepada langganan atas loyalitas mereka menggunakan dan menjual produk perusahaan secara berkesinambungan.
- Meningkatkan hubungan dengan pelanggan perusahaan
Dalam acara
tersebut perusahaan dapat melakukan interaksi secara informal kepada pelanggan
perusahaan diluar hubungan formal yang sudah ada, sehingga mampu menimbulkan
ikatan emosional yang sangat mempengaruhi pola pembelian dan loyalitas
pelanggan terhadap produk perusahaan.
- Informasi perkembangan perusahaan.
Dalam acara
gathering, perusahaan juga dapat memberikan informasi perkembangan produk dan
perusahaan, sehingga sebagian besar pelanggan akan mengetahui produk dan
layanan yang ada pada perusahaan saat ini.
- Launching produk baru
Dalam acara
customer gathering, perusahaan dapat menggunakan momentum tersebut untuk
meluncurkan produk baru, dan hasilnya jauh lebih efektif karena sebagian besar
pelanggan perusahaan mendengarkannya.
- Promosi penjualan
Acara gathering
merupakan event yang tepat bagi perusahaan untuk melakukan promosi penjualan,
perusahaan dapat menawarkan paket promosi yang menarik kepada pelanggannya
seperti : diskon tambahan untuk pengambilan jumlah tertentu atau hadiah
langsung untuk setiap penjualan unit tertentu seperti : hadiah mobil, sepeda
motor, televise, laptop, furniture dan peralatan ekeltronik lainnya, dan
biasanya akan mampu meningkatkan penjualan perusahaan pada saat diselenggarkaan
acara tersebut.
Tips-tips untuk sukses melakukan customer gathering :
- Pilih EO yang berkompeten dalam membantu acara tersebut, namun jangan semuanya diberikan tanggungjawab kepada EO, perusahaan juga perlu terlibat dalam setiap kegiatan acara, dan ada panitia dari dalam perusahaan yang ikut membantu agar acara tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.
- Apabila acara customer gathering dilakukan sendiri oleh pihak perusahaan tanpa bantuan EO, maka tujuan acara, target peserta, serta rundown acara perlu dirincikan secara lengkap, termasuk susunan panitia untuk kesuksesan acara tersebut.
- Lakukan pengawasan perkembangan persiapan acara secara terperinci agar keterlambatan dan kekurangan pada saat acara dapat diminimalkan atau ditiadakan.
- Kepuasan pelanggan adalah tujuan dari customer gathering, buatlah acara yang dapat meningkatkan kepuasan bagi pelanggan.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSelamat siang, saya ingin bertanya pengertian dan tujuan customer gathering di atas apakah bersumber dari sebuah buku atau situs resmi atau sebuah jurnal? Jika iya, bolehkah saya tahu sumbernya dari mana, karena saya ingin melakukan penelitian untuk skripsi saya mengenai customer gathering. Terima kasih.
BalasHapus