Keberhasilan strategi dan program marketing yang
dilaksanakan oleh perusahaan perlu diukur, agar dapat diketahui perkembangan
yang telah diperoleh setelah mengaplikasikannya.
Ada 5 kriteria untuk mengukur keberhasilan strategi
dan program marketing :
- Brand Awareness
Produk perusahaan
semakin dikenal oleh konsumen, cara mengukurnya dapat melakukan wawancara
langsung dengan konsumen dan calon konsumen disuatu wilayah, melalui cara menanyakan
merek yang mereka sukai, semakin banyak yang mengenal dan tertarik, baru dapat
dikatakan strategi dan program marketing berhasil. Cara kedua yaitu melakukan
penelitian melalui pengisian daftar pertanyaan
yang telah disusun untuk mengidentifikasi pengetahuan pelanggan dan
calon pelanggan terhadap merek perusahaan.
- Market Share
Market share adalah
seberapa besar nilai penjualan produk perusahaan dibandingkan total nilai
penjualan produk sejenis dipasaran, semakin tinggi market share semakin bagus,
artinya perusahaan mampu meningkatkan jumlah pengguna produk perusahaan di
pasaran.
- Customer Satisfaction
Kepuasan pelanggan
sangat penting karena berhubungan erat dengan loyalitas pelanggan, pelanggan
yang puas biasanya akan melakukan pembelian ulang dan semakin loyal. Strategi
dan program marketing yang berhasil akan mendorong peningkatan kepuasan
pelanggan. Semakin tinggi kepuasan pelanggan semakin baik bagi perusahaan.
- Image
Strategy dan
program marketing yang berhasil mampu meningkatkan image perusahaan sesuai
dengan positioning yang ditanamkan secara terus-menerus dibenak konsumen.
- Coverage
Wilayah pemasaran
dan distribusi yang semakin luas serta merata sesuai dengan rencana dan target
pemasaran adalah indikator keberhasilan strategy dan program pemasaran
perusahaan.
Untuk mengukur keberhasilan dibutuhkan kriteria dan
target yang jelas dan direncanakan dalam marketing plan, sehingga setiap
kegiatan pemasaran perusahaan dapat terukur dengan baik dalam marketing scorecard.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar