Jumat, 13 Januari 2012

8 Ide Kreatif Melipat Gandakan Penjualan Anda


Ide kreatif sangat dibutuhkan perusahaan untuk meningkatkan penjualan produknya, karena ide yang kreatif akan memberikan semangat dan dorongan kepada tim penjualan menjadi lebih  kreatif dalam menciptakan penjualan.

Ada 8 ide kreatif menurut Gary Bertwistle yang dapat dijadikan sebagai strategi dan taktik perusahaan dalam mendorong dan meningkatkan penjualan, antara lain :

  1. Put a Service Element into Your Product or Service

Produk dan jasa yang ingin berhasil perlu diberikan elemen pelayanan yang baik oleh perusahaan, seperti : garansi kerusakan produk, pelayanan pengiriman yang tepat waktu, pelayanan pemasangan, pelayanan informasi mengenai produk perusahaan. Pelayanan yang diberikan terikat dan menjadi satu paket pada saat produk dan jasa perusahaan dijual kepada pelanggannya.

  1. Develop a Referral program

Ciptakan program yang memberikan efek kepada pelanggan untuk mereferensikan kepada pelanggan yang lain, seperti : pelanggan yang puas dapat mereferensikan temannya untuk membeli produk perusahaan dan perusahaan memberikan hadiah menarik kepada pelanggan yang berhasil mereferensikan produk perusahaan.

  1. Offer Options to Your Customers

Berikan kepada pelanggan pilihan produk dan jasa yang akan dilayani, sehingga mereka dapat memilih sesuai kebutuhan, karena tidak semua pelanggan menyukai ukuran dan jenis yang sama, contoh : dua orang yang haus bisa menginginkan minuman yang berbeda rasa.

  1. Say Happy Birthday

Ucapkan selamat ulang tahun kepada pelanggan anda, sehingga mereka merasa dekat dengan perusahaan, ucapan selamat bisa melalu sms, email, kartu ucapan dan hadiah.

  1. Raise Your Prices

Naikan harga produk perusahaan secara berkala, biasanya setiap kenaikan harga akan meningkatkan penjualan produk perusahaan,  karena pelanggan mendapatkan jatah harga lama.

  1. Tag Along with a Trend

Produk dan jasa perusahaan sebaiknya mengikuti trend yang berlaku saat ini.

  1. Scare Up Your Customers

Tingkatkan kepedulian terhadap pelanggan perusahaan melalui layanan informasi,  kunjungan dan mendengar lebih banyak pelanggan perusahaan.

  1. Reconnect and Reactivate with Your Past Clients

Hubungi dan komunikasi kembali pelanggan lama perusahaan, biasanya ada sebagian pelanggan yang akan melakukan pembelian kembali jika dihubungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar