Kamis, 19 Januari 2012

Diferensiasi Pelayanan Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing


Banyak perusahaan sudah melakukan pelayanan kepada pelanggannya dengan baik, seperti sikap pegawai yang ramah, ketepatan waktu pengiriman dan informasi produk yang tepat. Namun banyak perusahaan yang tidak mengalami peningkatan volume penjualannya, mengapa demikian ?
Ada beberapa faktor yang  menyebabkan volume penjualan perusahaan dan kepuasan pelanggan tidak mengalami kenaikan :
  1. Pelayanan yang diberikan perusahaan bersifat normal dan tidak memiliki suatu keunikan yang membedakannya dengan produk sejenis di pasaran, sehingga pelanggan merasa pelayanan yang diberikan perusahaan biasa-biasa saja.
  2. Pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tidak konsisten, dan selalu berubah-ubah karena perusahaan belum memiliki standard yang jelas dan sistem yang konsisten untuk mengawasi pelayanan yang diberikan oleh pegawai perusahaan.
  3. Perusahaan mengenakan biaya atas setiap pelayanan yang diberikan, sebenarnya pelanggan sangat membutuhkan pelayanan gratis dari perusahaan atas produk yang dibeli.
  4. Pelayanan yang diberikan oleh pegawai perusahaan kaku dan tidak memahami kondisi emosi pelanggan, sehingga pelanggan merasa tidak nyaman terhadap pelayanan yang diberikan, walaupun perusahaan sudah memiliki standarisasi pelayanan.
Dengan mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan permasalahan dalam pelayanan, maka diharapkan perusahaan dapat meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada pelanggannya. Hal paling utama dalam meningkatkan pelayanan sekaligus penjualan perusahaan adalah menciptakan pelayanan yang berbeda dan unik dibandingkan dengan produk pesaing, sehingga setiap pelayanan yang diberikan oleh perusahaan menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar