Ilmu marketing merupakan ilmu yang mudah untuk dipelajari, dipahami dan diaplikasikan. Melihat potensi marketing yang sangat luar biasa untuk membuat perusahaan menjadi berkembang dan maju, saya mencoba membuat sebuah formula marketing yang dinamakan STAR Marketing berdasarkan akumulasi dari pengalaman praktisi sebagai nasional marketing head, dosen dan konsultan di berbagai perusahaan.
Ternyata konsep dari STAR Marketing ini diterima oleh banyak pimpinan dan praktisi pemasaran perusahaan karena merupakan konsep marketing yang mudah dipelajari dan dipahami serta terbukti membawa perusahaan menjadi tumbuh.
STAR Marketing terdiri dari elemen sebagai berikut :
1. Scan your market
Setiap perusahaan perlu melakukan scan atau identifikasi secara terperinci terhadap kondisi eksternal dan internal perusahaan, antara lain :
Ternyata konsep dari STAR Marketing ini diterima oleh banyak pimpinan dan praktisi pemasaran perusahaan karena merupakan konsep marketing yang mudah dipelajari dan dipahami serta terbukti membawa perusahaan menjadi tumbuh.
STAR Marketing terdiri dari elemen sebagai berikut :
1. Scan your market
Setiap perusahaan perlu melakukan scan atau identifikasi secara terperinci terhadap kondisi eksternal dan internal perusahaan, antara lain :
- Perubahan eksternal seperti : kebijakan pemerintah dan pengaruhnya terhadap bahan baku perusahaan, perpajakan, pertumbuhan ekonomi, pendapatan perkapita, social dan budaya masyarakat.
- Perusahaan seperti : sumber daya keuangan, teknologi dan mesin, sumber daya manusia perusahaan, system marketing perusahaan, analisis market dan inovasi produk perusahaan, pelayanan, armada dan survey kepuasan pelanggan.
- Pelanggan seperti : jumlah pelanggan perusahaan, jumlah pelanggan aktif, jumlah pelanggan pasif, sales share, pola dan perilaku pembelian pelanggan, pelanggan loyal dan persepsi pelanggan terhadap produk perusahaan.
- Pesaing seperti : produk pesaing, harga produk pesaing, jaringan distribusi, strategy promosi pesaing, teknologi dan sumber daya manusia perusahaan.
- Perbedaaan Diferensiasi produk perusahaan seperti : produk, pelayanan dan system.
2.Target your customer with marketing strategy
Setelah perusahaan melakukan scan terhadap kondisi eksternal dan internal perusahaan dan kemudian dimasukkan dalam peta analisis SWOT untuk melihat kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang mungkin dihadapi perusahaan. Selanjutnya perusahaan dapat memilih : strategy marketing yang tepat, yaitu pemilihan segmen yang cocok untuk dilayani dan formulasi positioning agar pelanggan mengetahui keunikan dan keunggulan produk perusahaan.
Seluruh strategy marketing tidak akan berjalan dengan baik, apabila tidak dituangkan ke dalam rencana pemasaran / marketing plan yang sistematis, oleh karena itu perusahaan perlu menyusun marketing yang sistematis agar aktivitas penjualan, promosi dan distribusi dapat berjalan dengan baik dan tepat sesuai dengan jadwal serta target yang telah direncanakan.
3.Activating your marketing strategy
Merupakan impelementasi dari rencana pemasaran/marketing plan yang telah ditetapkan, meliputi : kebijakan produk, harga, distribusi, promosi dan servis kepada pelanggan perusahaan.
4.Recheck your strategy
Bila strategy marketing dan implementasi marketing berjalan dengan baik dan tepat maka, produk perusahaan akan menjadi top of mind, market share perusahaan akan semaking meningkat dan kepuasan pelanggan akan semakin meningkat.
Penerapan marketing strategy dan implementasi yang tepat akan mendukung brand produk dan perusahaan semakin dikenal dan menjadi produk pilihan utama pelanggan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar