Kamis, 26 Januari 2012

Marketing Information System


Marketing Information System terdiri dari sumber daya manusia, peralatan dan prosedur yang bekerja secara sistematik untuk menghasilkan data-data yang berguna bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan pemasaran.

Data-data yang dihasilkan oleh marketing information system yang berjalan dengan baik, antara lain :

  1.  Total penjualan
Rekapitulasi total penjualan perusahaan untuk seluruh produk perusahaan.

  1.  Penjualan per produk,
Rekapitulasi penjualan untuk masing-masing produk perusahaan.

  1.   Penjualan Per daerah
Rekapitulasi penjualan setiap daerah pemasaran perusahaan, seperti : Medan, Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Padang Sidempuan, dll.

  1.   Penjualan Per Klasifikasi Produk
Rekapitulasi penjualan per klasifikasi produk, seperti : alat-alat kantor, bahan bangunan, peralatan rumah tangga, dll.

  1.   Penjualan Per Pelanggan
Rekapitulasi penjualan untuk masing-masing pelanggan, sehingga dapat diketahui pelanggan mana yang memberikan kontribusi omset terbesar dan terkecil bagi perusahaan.

  1.   Penjualan Per Channel
Rekapitulasi penjualan masing-masing channel distribusi seperti : tradisional dan modern market.

  1.   Perbandingan Target dan Realisasi Penjualan
Data perbandingan antara target penjualan dengan realisasi penjualan perusahaan untuk periode yang sama.

  1.   Harga Penjualan
Data harga penjualan untuk setiap unit produk yang dijual perusahaan.

  1.   Penjualan Per Sales
Rekapitulasi penjualan setiap tenaga penjualan perusahaan.

  1.   Pesanan Pelanggan
Rekapitulasi jumlah pesanan pelanggan perusahaan.
 
  1.   Kunjungan Salesman
Data kunjungan salesman ke pelanggan.

  1.   Budget Promosi dan Realisasi
Data budget dan realisasi promosi untuk setiap jenis media promosi.

  1.  Top Of Mind
Data survey brand awareness produk perusahaan.

  1.   Kepuasan Pelanggan
Data tingkat kepuasan pelanggan perusahaan.

  1.   Ketersediaan produk perusahaan
Data tingkat ketersediaan produk perusahaan di pasar.

Data tersebut di atas merupakan data standar bagi perusahaan untuk analisis trend penjualan perusahaan dan sekaligus untuk mengetahui efektivitas strategi pemasaran yang telah ditetapkan.

Semakin lengkap semakin bagus dan biasanya data yang lengkap dan jelas akan menghasilkan analisis yang lebih jelas. Analisis tanpa data akan beresiko bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan, apalagi berhubungan dengan penjualan dan pelanggan. Disarankan bagi perusahaan untuk mempersiapkan data dengan lengkap sebelum melakukan analisa data pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar