Inovasi produk merupakan kunci perusahaan untuk tetap
eksis dan tumbuh, dunia tidak pernah abadi, yang abadi adalah perubahan yang
terjadi. Sudah banyak perusahaan yang berkembang karena didukung oleh inovasi
produk yang dilakukan secara berkesinambungan, seperti perusahaan Unilever
dengan slogan inovasi produknya :
“We use our knowledge and imagination to translate
science into products that meet a range of consumer needs.” Unilever selalu
melakukan inovasi produk sesuai kebutuhan pelangganya, sehingga mampu menjadi
berkembang dan terdepan.
Kunci sukses Unilever dalam melakukan inovasi
produknya karena didukung oleh :
- Biaya penelitian dan pengembangan yang sangat tinggi, tahun 2009 Unilever menginvestasikan 891 juta Euro untuk penelitian dan pengembangan.
- Saat ini Unilever memiliki lebih dari 6000 tenaga peneliti yang tersebar di seluruh dunia.
- Setiap tahunnya Unilever berhasil melakukan patent terhadap 250 sd 300 hasil inovasi produknya diseluruh dunia dan sampai saat ini telah memilih lebih dari 20.000 patent yang telah didaftarkan.
Dengan didukung oleh kombinasi strategy marketing dan
inovasi yang kuat membuat unilever semakin kuat setelah 78 tahun beroperasi di
Indonesia sejak tahun 1933, produk unggulan perusahaan seperti Pepsodent menjadi produk yang sangat diminati
karena dibuat sesuai kebutuhan masyarakat serta adanya inovasi secara
terus-menerus, sehingga akhirnya
memiliki berbagai jenis varian sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia.
Dengan mempertimbangkan dan melihat kegiatan inovasi
yang dilakukan oleh Unilever, ada
beberapa tips yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk
mengembangkan dan inovasi terhadap produk perusahaan :
- Jika perusahaan belum memiliki pusat penelitian dan pengembangan, sebaiknya sudah mulai mempertimbangkan untuk membuatnya, karena inovasi merupakan kunci sukses dalam memenangkan persaingan yang semakin kompetitif.
- Perusahaan dapat bekerjasama dengan penelitian mandiri seperti perguruan tinggi dan perusahaan penelitian, sehingga hasil penelitian dapat digunakan bagi perusahaan untuk mengembangkan produknya.
- Perusahaan perlu melakukan registrasi terhadap merek perusahaan karena merupakan aset perusahaan.
- Perusahaan perlu melakukan pengembangan terhadap SDM perusahaan karena sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu melakukan pengembangan produk perusahaan.
- Jika perusahaan masih belum memiliki kemampuan untuk inovasi produk baru, perusahaan dapat bekerjasama dengan perusahaan lain atau merekrut sumber daya manusia yang sudah berpengalaman dalam inovasi produk perusahaan.
- Perusahaan dapat mengundang konsultan yang professional dibidangnya untuk membantu pengembangan produk baru perusahaan.
- Jika perusahaan telah memiliki pusat penelitian dan pengembangan, sebaiknya tetap dilanjutkan dan fokus terhadap inovasi produk baru secara berkesinambungan.
Dengan mempertimbangkan tips tersebut di atas, diharapkan
perusahaan semakin baik dalam melakukan inovasi produk baru dan pelayanan
kepada pelanggan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar