Perusahaan yang
sukses dimulai dari sebuah impian, sebuah mimpi dan sebuah tujuan. Seiring
dengan berkembanganya ilmu manajemen dan marketing, tujuan perusahaan yang
berawal dari sebuah mimpi, kemudian secara ilmu manajemen disebut sebagai visi.
Visi merupakan
sebuah deskripsi dan gambaran mengenai tujuan perusahaan dimasa yang akan
datang, visi bersifat jangka panjang, biasanya untuk lima tahun kedepan. Visi yang baik harus
memiliki tiga elemen penting yaitu :
- Menantang
Visi harus dibuat menantang dan perlu upaya strategis
maupun taktis yang sistematis untuk mencapainya, dengan demikian sulit untuk
ditiru oleh pesaing.
- Menginspirasi
Visi harus memberikan inspirasi dan dorongan yang kuat
bagi seluruh tim untuk mencapainya, jika mencapainya akan merupakan kebanggaan
bagi seluruh karyawan perusahaan, dari level paling bawah sampai pimpinan
puncak.
- Target Waktu
Visi harus memiliki target waktu, sehingga seluruh
sumber daya yang ada pada perusahaan fokus terhadap arah dan target waktu yang
telah dirumuskan.
Garuda Food merupakan
contoh yang sangat menarik, dengan visi menjadi “Indonesia's Top 2 Food and
Beverages Company by 2015” merupakan visi
yang sangat inspirasi dan mampu menggerakkan setiap karyawan perusahaan untuk
mencapai target tersebut, terbukti dari dari survey yang dilakukan Frontier dan
majalah BusinessWeek Indonesia di Jakarta dan Surabaya pada 2006 hingga 2010
menyebutkan GarudaFood berada di urutan ketiga sebagai Indonesian Most Admired
Company (IMAC). Sebagai perusahaan yang mengembang misi untuk membawa perubahan
yang mencitakan kemanfaatn bagi masyarakat berdasarkan prinsip saling
menumbuhkembangkan, GarudaFood juga aktif menjalankan program corporate social
responsibility (CSR) di bawah bendera GarudaFood Sehati. Kini, seluruh potensi yang
ditopang kekuatan sekitar 20 ribu karyawan berkepribadian unggul ( noble
people) menjadi modal utama GarudaFood dalam upaya menyongsong sukses sebagai
sebuah sustainable enterprise.
Ada tujuh tips
untuk mengembangkan visi perusahaan menurut The Jakarta Consulting Group :
- Auditing the organization
Perusahaan perlu melakukan audit terhadap situasi
internal organisasi seperti : mesin, teknologi, sumber daya keuangan, sumber
daya manusia dan sistem manajemen, untuk mengetahui keadaan yang sesungguhnya
didalam organisasi secara objektif.
- Picturing the environment
Perusahaan membuat gambaran tentang keadaan organisasi
dari hasil audit yang telah
dilaksanakan, selanjutnya dipetakan secara sistematis keunggulan maupun
kelemahan yang ada di dalam organisasi.
- Auditing the vision
Perusahaan melakukan audit kembali visi yang telah
dirumuskan, untuk mengetahui upaya yang telah dilaksanakan untuk mencapai visi
perusahaan, sekaligus mengidentifikasi sumber daya yang ada di dalam organisasi
perusahaan, apakah mampu mencapai visi yang telah dirumuskan atau sebaliknya.
- Mapping the domain
Perusahaan harus melakukan pemetaan terhadap fungsi
utama dari setiap departemen dan
individu perusahaan, agar selaras dengan
visi yang telah dirumuskan, tujuan pemetaan untuk mengetahui sekaligus
mengukur sejauhmana pencapaian visi oleh organisasi.
- Developing alternative visions
Jika visi yang dirumuskan tidak didukung oleh sumber
daya yang ada dalam organisasi, sebaiknya perusahaan memiliki visi alternative
yang lebih realistis. Contoh : perusahaan ingin menjadi industry nomor 1
nasional, namun masih jauh dari segi teknologi, sistem dan sumber daya manusia,
sebaiknya perusahaan lebih konsentrasi untuk menghasilkan produk yang
berkualitas tinggi terlebih dahulu.
- Choosing the Right Vision
Perusahaan menentukan dan memilih visi yang paling
sesuai diantara beberapa alternative visi yang telah dirumuskan, dengan
demikian visi yang telah dipilih merupakan visi dapat memberikan inspirasi,
menantang dan memiliki target waktu, sehingga tingkat keberhasilannya akan
tinggi.
- Packaging the New Vision
Visi yang telah dirumuskan, perlu dikemas dan didukung
oleh manajemen organisasi, selanjutkan dijabarkan dalam misi perusahaan, struktur
organisasi dan budaya perusahaan.
Perusahaan harus
memastikan marketing plan, human resource plan, production plan dan financial
plan selaras dengan visi perusahaan. Visi diibaratkan sebagai kompas penunjuk
arah bagi perusahaan.
Penulis adalah :
- Consultant & Founder Trend Marketing
- Speaker SMART AND PRACTICAL MARKETING RADIOTALK @ Radio Smart FM Medan 101,8 MHz Rabu jam 17 : 00 sd 18 : 00
Untuk informasi
konsultasi dan training dapat menghubungi : 08153061684 / 061 – 91186081.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar