Selasa, 07 Februari 2012

Values of Vision


Perusahaan yang sukses dimulai dari sebuah impian, sebuah mimpi dan sebuah tujuan. Seiring dengan berkembanganya ilmu manajemen dan marketing, tujuan perusahaan yang berawal dari sebuah mimpi, kemudian secara ilmu manajemen disebut sebagai visi.

Visi merupakan sebuah deskripsi dan gambaran mengenai tujuan perusahaan dimasa yang akan datang, visi bersifat jangka panjang, biasanya untuk  lima tahun kedepan. Visi yang baik harus memiliki tiga elemen penting yaitu :

  1.   Menantang
Visi harus dibuat menantang dan perlu upaya strategis maupun taktis yang sistematis untuk mencapainya, dengan demikian sulit untuk ditiru oleh pesaing.

  1.   Menginspirasi
Visi harus memberikan inspirasi dan dorongan yang kuat bagi seluruh tim untuk mencapainya, jika mencapainya akan merupakan kebanggaan bagi seluruh karyawan perusahaan, dari level paling bawah sampai pimpinan puncak.

  1.   Target Waktu
Visi harus memiliki target waktu, sehingga seluruh sumber daya yang ada pada perusahaan fokus terhadap arah dan target waktu yang telah dirumuskan.

Garuda Food merupakan contoh yang sangat menarik, dengan visi menjadi “Indonesia's Top 2 Food and Beverages Company by 2015” merupakan visi yang sangat inspirasi dan mampu menggerakkan setiap karyawan perusahaan untuk mencapai target tersebut, terbukti dari dari survey yang dilakukan Frontier dan majalah BusinessWeek Indonesia di Jakarta dan Surabaya pada 2006 hingga 2010 menyebutkan GarudaFood berada di urutan ketiga sebagai Indonesian Most Admired Company (IMAC). Sebagai perusahaan yang mengembang misi untuk membawa perubahan yang mencitakan kemanfaatn bagi masyarakat berdasarkan prinsip saling menumbuhkembangkan, GarudaFood juga aktif menjalankan program corporate social responsibility (CSR) di bawah bendera GarudaFood Sehati.  Kini, seluruh potensi yang ditopang kekuatan sekitar 20 ribu karyawan berkepribadian unggul ( noble people) menjadi modal utama GarudaFood dalam upaya menyongsong sukses sebagai sebuah sustainable enterprise.

Ada tujuh tips untuk mengembangkan visi perusahaan menurut The Jakarta Consulting Group :

  1.   Auditing the organization
Perusahaan perlu melakukan audit terhadap situasi internal organisasi seperti : mesin, teknologi, sumber daya keuangan, sumber daya manusia dan sistem manajemen, untuk mengetahui keadaan yang sesungguhnya didalam organisasi secara objektif.

  1.   Picturing the environment
Perusahaan membuat gambaran tentang keadaan organisasi dari  hasil audit yang telah dilaksanakan, selanjutnya dipetakan secara sistematis keunggulan maupun kelemahan yang ada di dalam organisasi.

  1.   Auditing the vision
Perusahaan melakukan audit kembali visi yang telah dirumuskan, untuk mengetahui upaya yang telah dilaksanakan untuk mencapai visi perusahaan, sekaligus mengidentifikasi sumber daya yang ada di dalam organisasi perusahaan, apakah mampu mencapai visi yang telah dirumuskan atau sebaliknya.

  1.   Mapping the domain
Perusahaan harus melakukan pemetaan terhadap fungsi utama dari setiap departemen  dan individu perusahaan, agar selaras dengan  visi yang telah dirumuskan, tujuan pemetaan untuk mengetahui sekaligus mengukur sejauhmana pencapaian visi oleh organisasi.

  1.   Developing alternative visions
Jika visi yang dirumuskan tidak didukung oleh sumber daya yang ada dalam organisasi, sebaiknya perusahaan memiliki visi alternative yang lebih realistis. Contoh : perusahaan ingin menjadi industry nomor 1 nasional, namun masih jauh dari segi teknologi, sistem dan sumber daya manusia, sebaiknya perusahaan lebih konsentrasi untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi terlebih dahulu.

  1.   Choosing the Right Vision
Perusahaan menentukan dan memilih visi yang paling sesuai diantara beberapa alternative visi yang telah dirumuskan, dengan demikian visi yang telah dipilih merupakan visi dapat memberikan inspirasi, menantang dan memiliki target waktu, sehingga tingkat keberhasilannya akan tinggi.
  1.   Packaging the New Vision
Visi yang telah dirumuskan, perlu dikemas dan didukung oleh manajemen organisasi, selanjutkan dijabarkan dalam misi perusahaan, struktur organisasi dan budaya perusahaan.

Perusahaan harus memastikan marketing plan, human resource plan, production plan dan financial plan selaras dengan visi perusahaan. Visi diibaratkan sebagai kompas penunjuk arah bagi perusahaan.




Penulis adalah :
  1. Consultant & Founder Trend Marketing
  2. Speaker SMART AND PRACTICAL MARKETING RADIOTALK @ Radio Smart FM Medan 101,8 MHz Rabu jam 17 : 00 sd 18 : 00


Untuk informasi konsultasi dan training dapat menghubungi : 08153061684 / 061 – 91186081.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar