Jumat, 03 Februari 2012

Cara Mudah Memasuki Pasar Industry


Untuk memasuki pasar industry tidaklah sulit, hanya membutuhkan konsentrasi dan mengetahui perilaku pembelian industry. Dengan mengetahui proses pembelian industry, maka kemungkinan diterima akan lebih terbuka.

Proses pembelian dari sebuah industry sebagai berikut  :

  1.   Adanya Masalah
Sebuah perusahaan industry ingin membeli bahan baku, bahan penolong dan jasa lainnya seperti : sistem akuntansi, sistem produksi, sistem manajemen, dll karena perusahaan memiliki masalah yang ingin diselesaikan, perusahaan juga ingin meningkatkan produktivitas kerja dan layanan untuk pelanggan perusahaan sehingga nilai produk dan layanan perusahaan dapat ditingkatkan.

  1.   Mengumpulkan informasi
Perusahaan melakukan pengumpulan informasi terhadap produk dan jasa yang akan dibeli, informasi biasanya diperoleh dari surat kabar, yellow pages, catalog, brosur, website, internet, pameran, majalah, referensi, dll.

  1.   Membandingkan informasi
Perusahaan membandingkan informasi produk yang sudah diterima, perusahaan selanjutnya membandingkan harga, kualitas, spesifikasi produk, garansi dan jaminan pembelian. Minimal ada 3 produk atau jasa yang dibandingkan oleh perusahaan untuk mendapatkan kualitas dan harga yang terbaik.

  1.   Keputusan Pembelian
Perusahaan memilih produk dengan penawaran yang terbaik dari berbagai dimensi yang dibandingkan, untuk produk dan jasa yang dipergunakan jangka panjang, perusahaan industry akan melakukan pengikatan kontrak kerjasama untuk jangka waktu tertentu.

Beberapa alasan mengapa pasar industry tidak memerima informasi dan produk baru yang ditawarkan, yaitu:
  1. Pasar industry tidak bersedia mengambil resiko jika produksi dan operasional sudah berjalan dengan baik.
  2. Pasar industry tidak tertarik terhadap produk yang ditawarkan karena tidak memberikan manfaat lebih tinggi dibandingkan dengan produk yang sedang mereka gunakan.

Dengan memperhatikan proses pembelian industry dan selalu melakukan identifikasi terhadap harga, kualitas produk dan dimensi pelayanan lainnya, maka peluang untuk berhasil dalam memasuki pasar industry lebih terbuka. Untuk awalnya, biasa lebih sulit untuk masuk ke pasar industry karena seleksi yang sangat ketat, selanjutnya akan menjadi lebih mudah karena sudah diterima dan lebih fokus terhadap pelayanan penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar