Jumat, 03 Februari 2012

Belajar dari Old Town Coffee


Oldtown Whitecoffee merupakan jaringan kedai kopi terbesar di Malaysia, tahun 2010 sudah masuk ke Indonesia dan kedai pertama sekali hadir di Emporium Plaza Jakarta. Ekspansi Oldtown Coffee direncanakan 8 sampai 12 outlet per tahun.

Oldtown Whitecoffee bisa menjadi jaringan yang kuat di Malaysia dan ekspansi ke Indonesia karena memiliki diferensiasi pada produknya  yaitu spesial whitecoffe yang sudah dikenal sejak 1999, perusahaan ini mulai menjual spesial mix 3 in one whitecoffenya dan sekarang telah memiliki ribuan toko retail Malaysia, ratusan di Singapura dan Hongkong yang membantu perusahaan mendistribusikan produknya.

Melihat produknya yang kuat dengan didukung kualitas dan diferensiasi produknya, perusahaan membangun jaringan kedai kopi dengan produk unggulan spesialnya whitecoffe. Didukung lagi sistem manajemen yang kuat dari perusahaan, dimana perusahaan juga banyak belajar dari franchise International yang sudah sukses yaitu Starbucks Coffee, menjadikannya lebih siap secara strategi, sistem dan sumber daya manusia dalam melakukan ekspansi bisnisnya.

Dengan dilakukannya ekspansi  kedai kopi berkelas Internasional diluar Malaysia, secara langsung ikut mempromosikan keunggulan whitecoffee dari Oldtown. Saat ini kedai Oldtown sudah menyediakan makanan untuk sarapan pagi, makan siang dan makan malam untuk para pelanggan Oldtown sehingga pelanggan dapat menikmati kopi dari Oldtown sekaligus menikmati makanan yang ada pada setiap kedai Oldtown.

Beberapa kunci sukses dari Oldtown Whitecoffe adalah :
  1. Mempersiapkan perusahaan melalui belajar dari perusahaan Franchise International yang sudah diakui keberhasilannya.
  2. Memiliki produk yang berkualitas, berbeda dan diakui kelezatannya oleh pelanggan perusahaan.
  3. Didukung sumber daya manusia yang berkualitas.
Semoga analisis dari Oldtown Whitecoffee ini menginspirasi banyak perusahaan di Medan dan Sumatera Utara menjadi perusahaan yang lebih siap untuk masuk ke pasar nasional dan Internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar