Oldtown Whitecoffee merupakan jaringan kedai kopi
terbesar di Malaysia, tahun 2010 sudah masuk ke Indonesia dan kedai pertama
sekali hadir di Emporium Plaza Jakarta. Ekspansi Oldtown Coffee direncanakan 8
sampai 12 outlet per tahun.
Oldtown Whitecoffee bisa menjadi jaringan yang kuat di
Malaysia dan ekspansi ke Indonesia karena memiliki diferensiasi pada
produknya yaitu spesial whitecoffe yang
sudah dikenal sejak 1999, perusahaan ini mulai menjual spesial mix 3 in one
whitecoffenya dan sekarang telah memiliki ribuan toko retail Malaysia, ratusan
di Singapura dan Hongkong yang membantu perusahaan mendistribusikan produknya.
Melihat produknya yang kuat dengan didukung kualitas
dan diferensiasi produknya, perusahaan membangun jaringan kedai kopi dengan
produk unggulan spesialnya whitecoffe. Didukung lagi sistem manajemen yang kuat
dari perusahaan, dimana perusahaan juga banyak belajar dari franchise International
yang sudah sukses yaitu Starbucks Coffee, menjadikannya lebih siap secara
strategi, sistem dan sumber daya manusia dalam melakukan ekspansi bisnisnya.
Dengan dilakukannya ekspansi kedai kopi berkelas Internasional diluar
Malaysia, secara langsung ikut mempromosikan keunggulan whitecoffee dari
Oldtown. Saat ini kedai Oldtown sudah menyediakan makanan untuk sarapan pagi,
makan siang dan makan malam untuk para pelanggan Oldtown sehingga pelanggan
dapat menikmati kopi dari Oldtown sekaligus menikmati makanan yang ada pada
setiap kedai Oldtown.
Beberapa kunci sukses dari Oldtown Whitecoffe adalah :
- Mempersiapkan perusahaan melalui belajar dari perusahaan Franchise International yang sudah diakui keberhasilannya.
- Memiliki produk yang berkualitas, berbeda dan diakui kelezatannya oleh pelanggan perusahaan.
- Didukung sumber daya manusia yang berkualitas.
Semoga analisis dari Oldtown Whitecoffee ini
menginspirasi banyak perusahaan di Medan dan Sumatera Utara menjadi perusahaan
yang lebih siap untuk masuk ke pasar nasional dan Internasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar