Budaya yang kuat
pada organisasi dibutuhkan karena akan memberikan stabilitas bagi organisasi,
budaya yang kuat akan membantu sumber daya manusia perusahaan memahami
nilai-nilai yang perlu dianut untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab
mereka.
Budaya organisasi menurut Robbin dan Timothy (2008)
adalah sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para anggota yang
membedakan suatu organisasi dari organisasi-organisasi lainnya.
Budaya organisasi
berkaitan dengan bagaimana karyawan memahami karakteristik budaya suatu
organisasi, bukan dengan apa mereka menyukai karakteristik itu atau tidak. Budaya organisasi adalah suatu istilah deskriptif,
penelitian mengenai budaya organisasi berupaya mengukur bagaimana karyawan
memandang organisasi mereka : apakah mendorong kerja tim ? Apakah menghargai
inovasi ? Apakah menekan inisiatif ?
Setiap
perusahaan yang sukses, pasti memiliki budaya yang kuat, sehingga visi dan misi
perusahaan dapat tercapai dengan baik, seperti contoh GarudaFood yang memiliki
nilai-nilai dan budaya organisasi yang kuat yaitu :
- Humas Values
-
Menghayati dan menerapkan nilai-nilai
kemanusiaan yang meliputi: Truth, Right Conduct, Love, Non Violence, and Peace.
-
Tidak melanggar hal-hal yang dilarang
agama.
-
Ketulusan dan keharmonisan dalam berfikir,
berkata-kata, dan bertindak.
2.
Business Ethics
-
Menggunakan norma-norma etika yang berlaku
di dalam masyarakat dalam berinteraksi dan mengelola lingkungan bisnis sehingga
tercapai "sustainable mutual benefit".
-
Peduli juga terhadap berbagai permasalahan
yang muncul dalam kiprah bisnis Garudafood walaupun secara formal bukan menjadi
bagian dari tanggung jawabnya.
- Unity Through Harmony
-
Menjaga keharmonisan dan keutuhan dengan
lingkungan bisnisnya secara internal (karyawan dan shareholder).
-
Menjaga keseimbangan dan keserasian antara
aspek bisnis dengan aspek-aspek kehidupan lainnya.
- Speed and Leading Change
-
Menjaga dan meningkatkan kecepatan dalam
cara berpikir dan bertindak.
-
Melembagakan perubahan secara cepat dan
berkesinambungan yang memberikan nilai tambah pada perusahaan dengan bertumpu
pada kekuatan teknologi.
- Working Smart in Learning Culture
-
Rajin, keras hati, dan bersungguh-sungguh
serta konsisten dalam pekerjaan yang digeluti.
-
Menekankan pada proses bekerja yang cepat,
sistematis, dan akurat.
- Senantiasa meningkatkan cara dan mutu
kerja melalui pengembangan diri di dalam budaya belajar yang terus dibangun
oleh dan bersama perusahaan.
Dengan adanya budaya perusahaan menjadikan
seluruh stakeholder yang ada pada perusahaan dengan penuh semangat untuk
mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan oleh perusahaan, terbukti GarudaFood sudah
mendapatkan banyak pengakuan dan pencapaian prestasi organisasi, antara lain
dari: Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA), Indonesian Best Brand
Award (IBBA), Top Brand Award, Super Brand dan Anugerah Produk Asli Indonesia. International Standard Organization (ISO)
untuk tiga kategori yaitu ISO 9001 (manajemen mutu), ISO 14001 (manajemen
lingkungan) dan ISO 22000 (manajemen kemamanan pangan).
Penulis adalah :
- Consultant & Founder Trend Marketing
- Speaker SMART AND PRACTICAL MARKETING RADIOTALK @ Radio Smart FM Medan 101,8 MHz Rabu jam 17 : 00 sd 18 : 00
Untuk informasi
konsultasi dan training dapat menghubungi : 08153061684 / 061 – 91186081.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar