Untuk
sukses di tahun 2012, perusahaan harus lebih “care” terhadap pelanggannya,
bukan hanya memberikan pelayanan sesuai dengan SOP (Standard Operating
Procedure), tetapi melebihinya. “Care” berarti perusahaan lebih proaktif dalam
memberikan pelayanan, bukan bersifat reaktif terhadap pelanggan. Proaktif bisa
diartikan perusahaan lebih peduli terhadap kebutuhan layanan sebelum pelanggan
mengatakannya, berbeda dengan reaktif yaitu perusahaan memberikan pelayanan jika diminta atau
setelah ada keluhan pelanggan.
Untuk
membangun “customer care” yang kuat pada perusahaan, dapat dilakukan melalui
beberapa cara yaitu :
- Perusahaan perlu memiliki standar pelayanan terlebih dahulu.
-
Standar
waktu pengiriman, servis, dll.
-
Standar
ucapan selamat.
-
Standar
jawaban atas keluhan pelanggan.
-
Standar
produk dan jasa yang dijual perusahaan.
-
Standar
jawaban atas pelayanan yang diberikan.
- Pelatihan secara berkala untuk customer care :
-
Pengetahuan
produk dan jasa perusahaan
-
Inovasi
produk dan jasa perusahaan
-
Profil
Pelanggan
- Pelayanan sesuai dengan tipe pelanggan
“Customer care” melayani pelanggan
sesuai dengan tipe dan karakter masing-masing pelanggan. Perusahaan tidak bisa
memberikan satu standar pelayanan untuk semua pelanggan.
- Standar pelayanan melebihi SOP Perusahaan
Staf “customer care” harus berani
memberikan pelayanan yang melebihi standar dan harapan pelanggan, jika ingin
meraih hati pelanggan dan membuat pelanggan menjadi loyal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar