Jumat, 03 Februari 2012

Care


Untuk sukses di tahun 2012, perusahaan harus lebih “care” terhadap pelanggannya, bukan hanya memberikan pelayanan sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure), tetapi melebihinya. “Care” berarti perusahaan lebih proaktif dalam memberikan pelayanan, bukan bersifat reaktif terhadap pelanggan. Proaktif bisa diartikan perusahaan lebih peduli terhadap kebutuhan layanan sebelum pelanggan mengatakannya, berbeda dengan reaktif yaitu perusahaan  memberikan pelayanan jika diminta atau setelah ada keluhan pelanggan.

Untuk membangun “customer care” yang kuat pada perusahaan, dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu :

  1.   Perusahaan perlu memiliki standar pelayanan terlebih dahulu.
-          Standar waktu pengiriman, servis, dll.
-          Standar ucapan selamat.
-          Standar jawaban atas keluhan pelanggan.
-          Standar produk dan jasa yang dijual perusahaan.
-          Standar jawaban atas pelayanan yang diberikan.

  1.   Pelatihan secara berkala untuk customer care :
-          Pengetahuan produk dan jasa perusahaan
-          Inovasi produk dan jasa perusahaan
-          Profil Pelanggan 

  1.   Pelayanan sesuai dengan tipe pelanggan
“Customer care” melayani pelanggan sesuai dengan tipe dan karakter masing-masing pelanggan. Perusahaan tidak bisa memberikan satu standar pelayanan untuk semua pelanggan.

  1.   Standar pelayanan melebihi SOP Perusahaan
Staf “customer care” harus berani memberikan pelayanan yang melebihi standar dan harapan pelanggan, jika ingin meraih hati pelanggan dan membuat pelanggan menjadi loyal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar