Jumat, 03 Februari 2012

Brand


American Marketing Association mendefinisikan brand sebagai “nama, istilah, tanda, lambang, atau desain, atau kombinasinya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari salah satu penjual atau kelompok penjual dan mendiferensiasikan mereka dari para pesaing.

Jika ditelaah lebih jauh lagi, brand memiliki kekuatan lebih dari sekedar untuk membedakan produk perusahaan dengan pesaing, yaitu sebuah nilai yang tinggi jika brand sudah menjadi pilihan utama pelanggan perusahaan.

Brand yang kuat dapat diindikasikan sebagai berikut :
  1. Pelanggan perusahaan tidak sensitif terhadap harga, mereka bersedia membeli dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan produk sejenis pesaing. Tentunya pelanggan menyadari bahwa brand yang kuat memiliki kelebihan yang tidak ada pada produk atau pelayanan pesaing. Contoh : Aqua lebih tinggi harga jualnya dibandingkan dengan produk sejenis lainnya dan sangat diminati.
  2. Mudah diingat oleh pelanggan dan dibicarakan dimana-mana, contoh : Marquisa Pohon Pinang menjadi brand yang sering dibicarakan di Sumatera, khususnya Medan  karena menjadi pilihan bagi pelanggan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh maupun minuman untuk hari Raya Idul Fitri, Tahun Baru dan Imlek.
  3. Pelanggan akan merasa kehilangan jika produk tidak kelihatan dipasaran.
  4. Brand yang kuat lebih tahan terhadap krisis dan mampu bertahan untuk jangka waktu yang lama jika dijaga dengan baik, contoh : Indocafe, Sosro, Garuda Food, Indofood.

Praktisi bisnis sudah mulai peduli terhadap merek karena aset jangka panjang adalah merek, banyak pebisnis yang sangat kaya ketika menjual perusahaannya, bukan karena aktiva tetap di perusahaan yang tinggi, tetapi sebagian karena brand yang sudah terbentuk dan sukses dipasaran.

Sudah saatnya lebih peduli terhadap brand perusahaan dengan cara :
  1. Lindungi brand perusahaan dengan payung hukum.
  2. Ciptakan nilai tambah bagi produk perusahaan.
  3. Laksanakan strategi marketing yang benar dan tepat untuk pengembangan brand perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar