Senin, 11 Desember 2023

Tantangan dan Peluang Industri Kelapa Sawit.

 

Inspirasi bisnis Tribun Medan dan Network tanggal 08 Desember 2023 bersama Host Sian Yet, SE., M.Si,, MP. NLP. dan Narasumber Bapak Usli Sarsi adalah CEO PT, Mahkota Group Tbk. Membahas mengenai tantangan dan peluang Industri Kelapa Sawit Tahun 2024.


Indonesia memiliki iklim dua musim dan letaknya di khatulistiwa merupakan geografis yang terbaik untuk agrikultur dan sangat subur sekali. Minyak yang dihasilkan oleh kelapa sawit jika dibandingkan dengan minyak dari kedelai dan bunga matahari, bisa sepuluh kali lebih besar.

Potensi dari industi kelapa sawit sangat menjanjikan dan memiliki masa masa depan yang sangat cerah, saat ini minyak kelapa sawit bukan hanya untuk konsumsi rumah tangga seperti : minyak goreng, mentega, sampo, sabun dll. Kelapa sawit juga menjadi sumber energi yang sustainable bagi dunia. Indonesia saat ini menjadi supplier minyak sawit terbesar di dunia.

Tantangan yang dihadapi oleh industri kelapa sawit kedepannya bisa dari dalam luar negeri maupun bisa dari dalam negeri. Industri minyak nabati di dunia seperti : minyak kedelai dan minyak bunga matahari dari luar negeri sulit untuk bersaing dengan minyak kelapa sawit dari Indonesia, sehingga negara negara penghasil minyak nabati kedelai dan bunga matahari dari Eropa berupaya untuk menahan laju pertumbungan industri kelapa sawit dari Indonesia dengan kampanye negatif seperti : deforestasi dan mempekerjaan tenaga kerja di bawah umur.

Padahal industri kelapa sawit sudah ada regulasi yang sangat baik di Indonesia seperti ada Sertifikasi Rantai Pasok ISPO adalah proses sertifikasi untuk menjamin ketelurusan Tandan Buah Segar (TBS) yang diolah menjadi minyak sawit (Crude palm oil), minyak inti sawit (Palm kernel oil) dan produk samping dan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) untuk mendorong pengembangan dan penggunaan produk minyak kelapa sawit berkelanjutan dengan menerapkan standar global yang tepercaya dan tata kelola yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

Untuk mengatur tenaga kerja di Indonesia juga sudah ada Undang Undang Tenga kerja yang wajib dipatuhi oleh seluruh industri kelapa sawit dan apabila mempekerjakan anak dibawah umur bisa menyebabkan sanksi yang keras kepada perusahaan.

Tantangan dalam negeri untuk industri kelapa sawit adalah tata kelola industri kelapa sawit yang baik  dan regulasi pemerintah yang semakin baik untuk mengawasi sehingga perusahaan yang tidak menjalankan tata kelola yang baik bisa diberikan sanksi.

Peluang dari kelapa sawit juga sangat besar, minyak kelapa sawit bisa menjadi sumber energi untuk otomotif dan cangkang kelapa sawit serta fiber dari kelapa sawit bisa menjadi sumber energi yang  sustainable bagi rumah tangga maupun industri.

Kedepannya seluruh perusahaan sawit harus memperhatikan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Perusahaan sawit kedepannya diharapkan bisa meningkatkan kesehakteraan masyarakat secara luas dan menjaga lingkungan agar tetap sustainable.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar